Selasa, 23 Juli 2013

DESAIN RENCANA PROGRAM

RENCANA PENYELENGGARAAN
PERINGATAN HARI  JADI KABUPATEN MADIUN KE-445
DAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-68
KECAMATAN DOLOPO TAHUN 2013
KABUPATEN MADIUN

A.    PENDAHULUAN

Peringatan Hari Jadi Kabupaten ke 445 Dan HUT RI ke 68 adalah kegiatan wajib yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Dolopo khususnya dan Kabupaten Madiun pada umumnya. Untuk lebih memaknai  peringatan tersebut dan sekaligus agar tidak menjadi rutinitas belaka, maka Panitia PHBN Kecamatan Dolopo mencoba membuat inovasi baru untuk memaknai Hari Jadi Kabupaten Madiun, dan Hari Kemerdekaan RI menjadi momentum untuk berpihak pada Pendidikan terutama pendidikan bagi anak tidak mampu atau kurang beruntung. Dengan termotivasi hal tersebut Panitia PHBN kecamatan Dolopo dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke 445  HUT RI ke 68 mengambil tema “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita wujudkan pendidikan untuk semua”. Secara umum mungkin terlalu berlebihan bagi panitia untuk bisa menyentuh secara langsung program tersebut, akan tetapi dengan semangat yang digelorakan berharap menjadi tren baru di kalangan masyarakat terutama dunia pendidikan bahwa memajukan pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama.

B.  LATAR BELAKANG KEGIATAN

Dalam rangka menumbuhkan semangat masyarakat untuk terlibat aktif dalam memaknai hari kemerdekaan, Kecamatan Dolopo telah berupaya keras untuk menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta dan masyarakat. Wujud nyata kegiatan itu yaitu pada tahun 2010 dengan diselenggarakannya jalan santai Peduli RTLH dimana pada saat itu dapat dikumpulkan sumbangan dana sebesar Rp. 50 Juta lewat dompet peduli RTLH dan penjualan tiket Jalan santai, sehingga lewat semangat itu saat ini RTLH di Kecamatan Dolopo hanya tinggal 21 rumah.
Selain tersebut diatas tahun 2011 telah terselenggara kegiatan bertema meningkatkan kesadaran berwirausaha dengan penyelenggaraan jalan santai Peduli UMKM sehingga menjadi embrio berdirinya PUJAPO, dengan telah berdirinya kegiatan PUJAPO yang konsep penanganan dan kegiatannya melibatkan semua masyarakat, meskipun saat ini keberadaannya kurang menggembirakan akan tetapi semangatnya telah dikembangkan menjadi pusat jajanan dolopo di tempat Wisata Umbul.
Berpijak pada keberhasilan kegiatan yang melibatkan semangat masyarakat, maka tahun 2013 ini Panitia PHBN berupaya untuk berbuat terutama untuk memajukan pendidikan sekaligus membantu anak berprestasi dari kalangan masyarakat miskin dengan program biasiswa. Dengan konsep Dompet Peduli Pendidikan dan penjualan tiket jalan santai diharapkan terkumpul dana yang nantinya akan disalurkan untuk membantu anak kurang mampu berupa pemberian bantuan pendidikan (beasiswa)

C. MAKSUD DAN TUJUAN


Kongkrit dari kegiatan ini adalah untuk menggugah masyarakat bahwa masih banyak diantara kita yang tidak mampu melanjudkan pendidikan karena keterbatasan biaya. Sehingga diharapkan akan muncul bapak-bapak angkat agar mereka juga ikut mengenyam pendidikan tinggi dengan harapan membantu mengentaskan orang tuanya dari kemiskinan. Selain dari itu tanpa melalui peningkatan pendidikan anak-anaknya maka rantai kemiskinan akan menjadi lingkaran setan yang sulit untuk diurai.

D. JENIS / BENTUK KEGIATAN

Dalam mengaktualisasikan kegiatannya panitia telah menyusun rangkaian kegiatan yang saling terkait. Kegiatan yang diharapkan menyedot perhatian banyak masyarakat dan memperoleh kontribusi dari penjualan tiket adalah ”Jalan Santai”. Dari sini diharapkan Panitia dapat menyumbangkan seluruh penjualan tiketnya untuk disumbangkan bagi anak berprestasi dari kalangan keluarga tidak mampu. Dengan managemen yang baik dan promosi serta sosialisasi yang memadai serata dengan melibatkan seluruh potensi Birokrasi dan Desa serta jaringan dari Dinas Instansi di Kab. Madiun, Panitia menargetkan 50 ribu tiket dapat terjual, sehingga dengan asumsi @ Rp 3.500,- maka dapat terkumpul dana +- Rp 175.000.000,- yang nantinya akan mampu untuk memberikan bea siswa anak di 12 desa/kelurahan dengan seleksi ditingkat desa.

Adapun Jenis / Bentuk rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain :

1.      Lomba Mewarnai Tingkat TK/RK dan PAUT
2.      Lomba Bulu tangkis se Kecamatan Dolopo.
3.      Lomba Peragaan Busana tingkat sekolah Dasar dan SMP, SMA;
4.      Parade Budaya. (dongkrek, drum band, dan Karnafal Budaya);
5.      Pagelaran Malam Pentas Seni dan Hiburan Rakyat
6.      Jalan Santai Gebyar Peduli Pendidikan tingkat Kabupaten yang diikuti oleh Bapak Bupati Madiun.
7.      Pagelaran Hiburan Musik Dangdut.
8.      Dan lain-lain kegiatan terlampir

E. PANITIA

Susunan Panitia terlampir

F. JALAN SANTAI ”Peduli Pendidikan (beaseiswa anak kurang mampu)

Kegiatan utama yang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kemajuan pendidikan untuk semua adalah Jalan Santai. Oleh karena itu perlu kiranya Panitia memberikan perhatian khusus dan memenej dengan baik kegiatan tersebut. Yang akan dilakukan untuk mendukung hal tersebut antara lain:


1.      Menyusun rangkain perayaan yang pada akhirnya memberikan ruang kepada Panitia untuk mensosialisikan tujuannya antara lain:

a.      Parade Budaya. (dongkrek, drum band, dan Karnafal Budaya)
Kegiatan ini tujuan utamanya adalah untuk melestarikan budaya dan kesenian daerah Khas Kabupaten Madiun. Selain itu merupakan saranan yang tepat untuk mempromosikan Jalan Santai, karena pada momen ini adalah saat berkumpulnya ribuan masyarakat. Sehingga dengan dengan kita melibatkan sponsor utama maka merupkan ajang promosi yang sangat efektif.
b.      Malam Pentas Seni dan Hiburan Rakyat (hiburan musik campursari)
Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan kreatifitas masyrakat dalam berseni, terutama anak-anak sekolah dan pendidik. Dengan di gelarnya seni campursari diharapkan sebagai ajang berkumpulnya masyarakat, sehingga cukup evektif dalam mempromosikan kegiatan jalan santai bersama para sponsor.
2.      Menyediakan Hadiah yang menarik.

Untuk memikat masyarakat selain promosi dan sosialisasi maka panitia juga berencana menyediakan 2 Buah Sepeda Motor atau lebih. Selain itu sepeti kegiatan-kegiatan terdahulu juga akan disiapkan puluhan hadiah menarik yang diharapkan diperoleh dari sponsor dan donator.
3.      Memenej/mengelola dan mendistribusikan tiket dengan baik dan transparan.
Dalam rangka ini panitia mengunakan multi jalur distribusi antara lain:
a.      Jalur Birokrasi Kecamatan Desa
Jalur ini sangat evektif karena desa dalam penyelenggaraan kegiatan ini tidak hanya menjadi obyek akan tetapi sekaligus menjadi subyek. Dengan pengaruh dari Kepala Desa dan jajarannya diharapkan mampu mendistribusikan rata-rata 1.000, lembar tiket per desa. Sehingga jalur ini praktis akan mengumpulkan 12.000 lembar tiket.
b.      Jalur Dinas Pendidikan.
Jalur ini melibatkan seluruh sekoahan baik SD, SLTP, dan SLTA. Megingat besarnya jumlah Sekolahan SD, SMP dan SMA di kecamatan Dolopo jalur ini diprediksi mampu menyerap 10.000 lembar tiker.
c.       Jalur Dinas Kesehatan Kecamtan Dolopo.
Dinas Kesehatan mempunyai institusi sapai tingkat desa. Dengan melibatkan bidan desa dan kader posyandu, kader lansia maka dari penggerakan dari sektor ini diprediksi mampu menyerap 5.000 lembar tiket.
d.     Jalur dinas Pertanian dan PLKB Kecamatan Dolopo.
Mengingat dua dinas ini mempunyai kaki tangan sampai dengan Desa, apalagi PLKB mempunyai kader militan sampai dengan tingkat dasa wisma maka tidak berlebihan apabila jalur ini dapat target 5.000, lembar tiket.
e.      Jalur Umum.
Tahun tahun terdahulu jalur ini sangat produktif dalam menyalurkan tiket karena memang jalur profesional yang diharapkan mampu mendistribusikan tiket ini tidak hanya dari wilayah kecamatan setempat akan tetapi merambah kedaerah lain. Jalur ini diharapkan menyumbang 7.000 lembar tiket.

                        Dari 6 pos jalur distribusi tiket tersebut bukan hal yang mustahil panitia mentargetkan tiket terdistribusi sebanyak 40.000 lembar lebih.

G. WAKTU DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

1.      Lomba Kemeriahan, Kebersihan, dan publikasi  Antar Desa
Pelaksanaan                 : 1 Agustus s/d 30 september 2013
Waktu                           : Sepanjang kegiatan WIB
2.      Lomba Bulu tangkis se Kecamatan Dolopo.
Pelaksanaan                 : Menyusul 2013 s/d selesai
Waktu                           : 13.00 – 16.30 WIB
3.      Lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK
Pelaksanaan                 : 18 September 2013
Waktu                           : 13.00 – Selesai
4.      Loba Peragaan Busana Tingkat SD/MI. SMP dan SMA Umum
Pelaksanaan                 : 18 s/d 19  September 2013
Waktu                           : 19.00 – Selesai
5.      Parade Budaya. (dongkrek, drum band, dan Karnafal Budaya)
Pelaksanaan                 : 19 September 2013
Waktu                           : 13.00 – 17.00 WIB
6.      Pagelaran Malam Pentas Seni dan Hiburan Rakyat
Pelaksanaan                 : Sabtu 21 September 2013
Waktu                           : 19.00 – 12.00 WIB
7.      Jalan Santai Gebyar Peduli Pendidikan tingkat Kabupaten yang diikuti oleh Bapak Bupati Madiun.
Pelaksanaan                 : Minggu 22 September 2013
Waktu                           : 06.00 – 12.00 WIB
8.      Pagelaran Hiburan Musik Dangdut
Pelaksanaan                 : Minggu 22 September 2013
Waktu                           : 06.00 – 12.00 WIB

H. ANGGARAN
Kebutuhan Anggaran biaya / dana untuk kegiatan tersebut diperkirakan sebesar Rp. 46.550.000 ( Epat puluh enam juta lima ratus lima puluh ribu Rupiah ) dengan rincian sebagai berikut ( terlampir )

I   SUMBER DANA / BIAYA
Pembiayaan dari seluruh kegiatan tersebut diharapkan berasal dari iuran karyawan Kecamatan, dinas instansi, Desa, sekolah, Donatur dan sponsoship yang diharapkan bergabung dengan perincian sebagai mana terlampir:

J.       TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
NO
JENIS KEGIATAN
TANGGAL PELAKSANAAN
RUTE / TEMPAT
1
Lomba Kemeriahan, Kebersihan, dan publikasi  Antar Desa
1 Agustus s/d 30 Sept. 2013
Wilayah Kec. Dolopo
2
Lomba Bulu tangkis
Menyusul - selesai
Gedung  Desa Dolopo dan        Gedung SLB Glonggong
3
Lomba MTQ
3, 4, 5 September 2013
Di Masjid Besar Dolopo
4
Lomba Mewarnai
17 September 2013
Panggung Hiburan Kec. Dolopo
5
Lomba Peragaan Busana tingkat SD/MI, SMP, SMA Umum
17 s/d 18 Sept 2013
Panggung Hiburan Kec. Dolopo
6
Parade Budaya. (dongkrek, drum band, dan Karnafal Budaya)
19 September 2013
Lapangan MAN Dolopo - jl. Panjang Punjung
8
Malam Kesenian dan Resepsi
21 September 2013
Panggung Hiburan Kec. Dolopo
9
Jalan Santai Peduli Pendidikan
22 September 2013
Start Finis Halaman Pasar unggas Dolopo

K.    SPORT ATAU FASILITAS UNTUK PIHAK SPONSOR

*            SPONSOR UTAMA
1.      Disediakan stand khusus yang luas di setiap even kegiatan
2.      Sport iklan di Radio dan  media cetak dan brosur
3.      Sport iklan oleh MC di setiap even kegiatan
4.      Pemasangan umbul umbul dan papan sponsor tak terbatas.
5.      Logo Produk di Kaos Panitia.

                 
                  Kontribusi Untuk Panitia:
1.      Menyediakan hadiah utama Jalan Santai berupa 2 (dua) buah Sepeda Motor.
2.      Membantu pengadaan Kaos Panitia sebesar 50% biaya sebanyak 100 buah kaos.
3.      Membantu 50% biaya penyelenggaraan
*            SPONSOR PENDAMPING
1.      Disediakan stand di even jalan santai
2.      sport iklan oleh MC
3.      Pemasangan umbul-umbul sebanyak 10 buah di even jalan santai.
Kontribusi Untuk Panitia:
1.      Membantu 30% biaya penyenggaraan (dapat mengambil sebagian dari rangkaian kegiatan).
2.      Menyediakan Door Price hadiah hiburan di even jalan santai.
*            DONATUR
1.      Menjadi tamu kehormatan di setiap even kegiatan panitia.
2.      Memperoleh tali asih dari panitia

Kontribussi yang diharapkan:
1.      Sumbangan dana untuk Penyelenggaraan kegiatan
2.      Dorprice hadiah hiburan dalam even jalan santai
                 
L.     PENUTUP
     
Demikian  rencana kegiatan ini dibuat dengan harapan terutama seluruh warga masyarakat Kabupaten Madiun umumnya dan mayarakat Kecamatan Dolopo khususnya dapat berpartisipasi guna menyukseskan kegiatan ini., serta mohon partisipasi dan dukungan baik  Donatur maupun Sponsorsip yang diberikan demi tercapainya dan terselenggaranya kegiatan ini.

Kami segenap Panitia menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

JUMLAH DONATUR TINGKAT KECAMATAN PER 22 sept. Rp. 18.555.000,-DENGAN RINCIAN SBB: DONATUR PENYELENGGARAAN KEGIATAN Rp9.230.000,- DONATUR DOMPET PEDULI PENDIDIKAN Rp. 9.325.000,- ADAPUN SUMBANG TERSEBUT SBB: DARI PT SUB (Pabrik Plywood)Rp. 750.000,- PT ACID PABRIK TEPUNG RP. 1.000.000,- C andra Mas Bangunsari Rp50.000, Bank Mandiri Dolopo Rp125.000, LBK Dolopo Dolopo Rp. 50.000, BRI KCP Dolopo Dolopo Rp300.000, Toko Matahari Dolop Rp200.000, KBR Artanaw Dolopo Rp250.000, Kantor Pos Dolopo Dolop Rp100.000, KPH Perhutani Dolopo Rp100.000, Bank Polatama Dolopo Rp100.000, Yanto Grosier Dolopo Rp50.000, UD Gembira Dolopo Rp300.000,- ,KETUA PWRI Do.opo Rp50.000, Anggota Pwri Dolopo Rp100.000 spbu dolopo Dolopo Rp100.000,- KUD Dolopo Dolopo Rp100.000,- Doni elektro Bangunsari Rp100.000,- Samsuna Dolopo Rp250.000,- Alfa maret kidul pasar Dolopo Rp100.000,-Alfamart Bangunsari Bangunsari Rp100.000,- Indomart bangunsari Bangunsari Rp30.000,- TB styobudi Dolopo Rp150.000,- Honda Wisnu Dolopo Rp150.000,- Bank Bri Mlilir Rp300.000,- BMD syariah Mlilir Rp100.000,- Ayu Salon Mlilir Rp100.000,- Cahya Motor Mlilir Rp50.000,- Spbu Mlilir Mlilir Rp200.000,- Pasar Mlilir Mlilir Rp50.000,-Markum Ar Rp 50.000, Bu Nur Bidan Rp 100.000, Iwan Dardiri Rp 50.000, Supar/pringgodani Rp 100.000, Subianto Rp 150.000, Boby Sutrisno Rp 50.000, mubayin Rp 30.000, Sabar Rp 50.000, Yanwar Rp 100.000, Yanto/Dbs Rp 25.000, Haji tohirin Rp 20.000, Basis Rp 50.000, Hadi Fahrudin Rp 100.000,-Dulur tani Rp50.000 Sahabat Merdeka Mobil Rp50.000 Catur Citra Utama Rp100.000 Sendang Arta Mandiri Rp50.000 Toko besi Makmur Jaya Rp50.000 Toko Budaya Rp50.000 TB Enggal Jaya Rp50.000 TB Langgeng Rp20.000 Rahayu Abadi Rp20.000 Toko Bangunan Dive Jaya Rp50.000 Bank Sapa Dana Rp100.000 Rekreasi Umbul Rp350.000 Sumber Urip Rp50.000 TB Firdous Rp100.000 Logam Jaya Rp250.000, BRI Unit Dolopo Rp500.000 Perum Linggasari Rp300.000 Jasa keuangan syariah Rp50.000 sarana medika dolopo Rp150.000 Pjtki moch. Ridwan Rp100.000 Showroom Denka depan kecamatan Rp200.000 KSP Sidodadi Rp50.000,-Sunar Candimulyo Rp20.000,- Sudirman Candimulyo Rp50.000,- Elya Widi Astuti Candimulyo Rp100.000,- Sudjiono Candimulyo Rp20.000,- Sugeng Candimulyo Rp50.000,- Guno Candimulyo Rp50.000,- Sutego Candimulyo Rp50.000,- Maliki Candimulyo Rp100.000,- Atika Candimulyo Rp50.000,- Gumono Candimulyo Rp15.000,- Siti Zulaikah Candimulyo Rp50.000,- Supeno Candimulyo Rp50.000,- Grosir Pratama Kel. Bangunsari Rp 100.000, Apotik Ardika Kel. Bangunsari Rp 100.000, Toko Mas Mahkota Ratu Kel. Bangunsari Rp 30.000, Agus murah jaya Kel. Bangunsari Rp 50.000, Drs Joko styono Kel. Bangunsari Rp 500.000,Sepeda Muda Jaya Kel. Bangunsari Rp 200.000, Warno Rosok Kel. Bangunsari Rp 150.000,Bpk Warno Pasar Senin Kel. Bangunsari Rp 150.000, Apotik Azizah Kel. Bangunsari Rp 50.000, TB Wiro Bangun Kel. Bangunsari Rp 20.000, Tugiran Kel. Bangunsari Rp 100.000, Sugianto Sorum Kel. Bangunsari Rp 50.000, H Prawiro Kel. Bangunsari Rp 100.000, Tan kiesien Kel. Bangunsari Rp 50.000, Jainuri Ihwan Kel. Bangunsari Rp 100.000,Swandi edi DOLOPO Rp200.000 ,Adam Jaya DOLOPO Rp300.000, Bmd Syariah DOLOPO Rp100.000Bpk ,Anton DOLOPO Rp50.000, Bpk Slamet DOLOPO Rp50.000 ,Bpk Agus DOLOPO ,Rp100.000 ,Bpk Tomo DOLOPO Rp25.000 ,Apotik Dolopo DOLOPO Rp20.000, Salon Mala DOLOPO Rp100.000 ,Prima Gama DOLOPO Rp150.000, Pamujo Desa Bader Rp100.000 ,Bandi Desa Bader Rp50.000, Rohmad Desa Bader Rp100.000, Boniran Desa Bader Rp50.000, Supri Desa Bader Rp150.000, Prayidno Desa Bader Rp30.000, Suratman Desa Bader Rp50.000, Kusni Desa Bader Rp50.000, Sutamta Desa Bader Rp50.000, Slamet Genteng Mlilir Rp10.000, Suramto Kradinan Rp50.000 Bu Ismono Kradinan Rp25.000 Wijianto Kradinan Rp50.000 Basori Kradinan Rp30.000 Niat Kradinan Rp100.000 Nasrudin Kradinan Rp30.000 Khoirul Anwar Kradinan Rp20.000 Suradi Kradinan Rp20.000 Karman Kradinan Rp50.000 Supriono Kradinan Rp30.000 Untung Kradinan Rp100.000,Saimun Blimbing Rp25.000 Sartun Blimbing Rp5.000 Arnanik Blimbing Rp5.000 Tri Sudarwati Blimbing Rp5.000 Sirum Blimbing Rp10.000 Umiati Blimbing Rp30.000 Sarno Blimbing Rp15.000 Jarot Blimbing Rp15.000 Slamet Blimbing Rp50.000 Endang Blimbing Rp50.000, PMPM Dolopo, Rp. 500.000,-Joko Yuwono Kradinan Rp40.000 Afendi Kradinan Rp50.000 Jumadi Kradinan Rp100.000 Abdul Hadi Kradinan Rp50.000 Ibu Komari Kradinan Rp40.000,- Cunmotor Rp50.000 Sumbersari Rp25.000 Umbul jaya Rp30.000 Bpk Joko s Rp100.000 PG pagotan Rp300.000 Semen gresek Rp100.000 Langgeng olie Rp30.000,-................Jumlah pemasukan dari dinas dan desa/kel per Tanggal 3 Septb. 2013 Rp. 15.933.000,- >>:bangunsari Rp 500.000,- , Lembah Rp 500.000,- , Suluk Rp 500.000,- , Kec. Dolopo Rp. 708.000,- , Pengairan Rp. 67.000,- , SMP II Rp. 807.000,- , MAN Rp. 530.000,- , KUA Rp. 97.000,- , PLKB Rp. 73.000,- SMAN Dolopo Rp. 849.000,- SMP 3 Dolopo Rp. 384.000,-Desa Bader Rp. 500.000,- MIN dan MIS Rp. 534.000,- PLN Ranting Rp. 150.000,-, kel. Mlilir Rp. 500.000,-Desa Doho Rp. 500.000,Desa Dolopo Rp. 500.000,-Desa Ketawang Rp. 500.000,-Desa Kradinan Rp. 500.000,-UPT Pendidikan TK/SD Rp. 4.000.000,-SMPN I Dolopo Rp. 1.073.000,-Puskesmas Mlilir Rp.275.000,-Dinas Satu Atap Kec.Rp. 129.000,- Desa Blimbing Rp. 500.000,-->>>>dimohon bagi desa dan dinas instansi yang belum membayar untuk segra menghubungi bendahara...